Tentang S2 Statistika Terapan

Latar Belakang
Program Pascasarjana Magister Statistika Terapan FMIPA Universitas Padjadjaran dibuka dengan mengacu pada SK Dikti No. 117/D/T/2007 tertanggal 18 Januari 2007 dan perpanjangan izin dengan SK Rektor Universitas Padjadjaran No.6626/D/T/K-N/2011. Program Studi ini dikelola oleh Departemen Statistika di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran. Program ini didirikan untuk menghasilkan lulusan yang mampu menyelesaikan berbagai permasalahan statistis, khususnya dalam pengembangan metodologi pengolahan dan analisis data dengan pendekatan-pendekatan statistik yang tidak baku. Hal ini untuk menjawab tantangan globalisasi dan perkembangan IPTEK yang mana data dan informasi menjadi sumber daya yang strategis. Kurikulum didesain untuk melatih mahasiswa secara intensif melalui konsep dan problem solving baik teori maupun praktis, yang meliputi bidang minat statistika sosial, statistika bisnis dan industri, statistika aktuaria, dan statistika biomedis. Selanjutnya Kegiatan Program Studi Magister Statistika Terapan diarahkan pada pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran program studi yang pembuatan dan penetapannya disusun berdasarkan atau diturunkan dari Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran dan mengacu kepada visi misi Unpad

Struktur Organisasi
Ketua : Yudhie Andriyana, M.Sc., Ph.D 
Sekretaris : Bertho Tantular, M.Si

Visi 
Menjadi pusat pendidikan statistika lanjutan yang memiliki keunggulan dalam bidang Aktuaria, Biomedis, Sosial, dan Bisnis-Industri dan diakui di tingkat regional ASEAN pada tahun 2027.

Misi 
1. Menjadi Menyelenggarakan pendidikan statistika lanjutan yang unggul agar menghasilkan lulusan yang memiliki landasan yang kuat dalam teori dan aplikasi pada bidang Aktuaria, Biomedis, Sosial, dan Bisnis-Industri.
2. Mengembangkan penelitian statistika baik aspek teoretis maupun aplikasinya pada bidang Aktuaria, Biomedis, Sosial, dan Bisnis-Industri untuk memenuhi tuntutan masyarakat pengguna.
3. Meningkatkan kontribusi program studi dalam pengabdian kepada masyarakat di bidang Aktuaria, Biomedis, Sosial, dan Bisnis-Industri.
4. Menjalin jejaring kerja sama dengan institusi dalam dan luar negeri pada bidangAktuaria, Biomedis, Sosial, dan Bisnis-Industri.

Tujuan 
1. Menghasilkan lulusan yang menguasai teori-teori statistika dan aplikasinya dalam bidang Aktuaria, Biomedis, Sosial, dan Bisnis-Industri serta bersikap terbuka, dan terampil dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat pengguna.
2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam pengembangan metode analisis data dan komputasinya dengan menggunakan software opensource.
3. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mempertanggungjawabkan pikirannya dalam bentuk diseminasi hasil penelitian baik secara lisan maupun tulisan.
4. Memberi kontribusi pengembangan statistika pada bidang Aktuaria, Biomedis, Sosial, dan Bisnis-Industri, melalui publikasi ilmiah, seminar dan HaKI baik pada tingkat Nasional maupun Internasional.
5. Memiliki staf pengajar, mahasiswa dan lulusan program studi statistika yang dikenal baik, diakui dan dihargai.

Sasaran
1. Program studi memiliki akreditasi A pada tahun 2018.
2. 95 persen mahasiswa lulus tepat waktu dengan rata-rata IPK 3,60.
3. 100 persen lulusan memiliki waktu tunggu kerja paling lambat tiga bulan.
4. Memperoleh satu HaKI setiap dua tahun.
5. Publikasi ilmiah mahasiswa sekurang-kurangnya 75 % di tingkat internasional dan sebanyak-banyaknya 25% tingkat nasional.
6. 100 persen dosen yang melakukan penelitian dengan melibatkan mahasiswa program magister untuk penelitian tesisnya.
7. Rata-rata lama studi 3 semester.
8. Peningkatan kerjasama akademik (sekurang-kurangnya 2 PKS dalam satu tahun).
9. Kuantitas dan kulitas penelitian dosen meningkat.
10. Pada tahun 2027, program studi bersertifikasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).