Tentang Prodi S1 Statistika

Struktur Organisasi
Ketua : Dr. Yusep Suparman, M.Sc
Sekretaris : Sri Winarni, M.Si
Visi
Menjadi Program Studi Statistika bertaraf Internasional pada tahun 2025 yang memiliki interaksi dengan masyarakat pengguna. Membentuk Sumber daya manusia yang kompeten, mandiri dan terpercaya.
Misi
1. Melaksanakan pendidikan (pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan serta pengabdian kepada masyarakat), yang mampu memenuhi tuntutan masyarakat pengguna.
2. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berdaya saing internasional dan relevan dengan tuntutan masyarakat pengguna dalam memajukan perkembangan intelektual.
3. Menghasilkan lulusan bertaraf internasional yang kompeten, mandiri, dan terpercaya.
Tujuan
Secara Umum:
1. Mewujudnya program studi statistika yang berinteraksi secara intensif dengan masyarakat pengguna.
2. Mengembangkan sumber daya manusia dan menghasilkan sarjana profesional dalam bidang statistika yang mampu mandiri dan bertanggungjawab.
3. Membangun penelitian kemitraan berbasis real problem dengan masyarakat pengguna.
Secara khusus:
1. Mampu memahami dasar-dasar ilmu pengetahuan pada umumnya serta menguasai (memahami dan mengah yati) statistika pada khususnya.
2. Secara praktis mampu mengenali; mengamati dan melakukan pendekatan dalam bidang statistika.
3. Memiliki ketrampilan dalam bidang statistika.
Sasaran
Lulusan yang berdaya saing internasional dengan dasar pengetahuan dan aplikasi statistika yang kokoh. Bertambahnya publikasi internasional. Meningkatnya kuantitas dan kualitas kerjasama penelitian.
Strategi
1. Penyusunan kurikulum 2009-2014 yang memiliki kompetensi strong basic statistic, excellence soft skill, dan high competitive advantage.
2. Implementasi proses belajar mengajar dengan muatan teori yang berimbang dengan aplikasi dunia nyata melalui magang kerja, konsultasi statistik, penelitian berbasis kemitraan, studium generale, dan kunjungan ke berbagai perusahaan.
3. Evaluasi kurikulum tahun 2014, 2019 dan 2024.
4. Pengembangan sarana dan prasarana pendukung perkuliahan dan penelitian.
5. Melaksanakan pertukaran mahasiswa tahun 2015 dengan universitas dari luar negeri.
6. Melaksanakan pertukaran dosen tahun 2015 dengan universitas dari luar negeri.
7. Meningkatkan kuantitas pembelajaran oleh guest lecturer.
8. Meningkatkan kerjasama penelitian yang sesuai bidang minat melalui kelompok penelitian.
9. Akreditasi Nasional Jurnal BiaStatistics 2015.
10. Pencangkokkan peneliti dalam research grant 2012.
11. Pelatihan penulisan artikel ilmiah dalam jurnal internasional 2012.
12. Pengembangan Sumber Daya Manusia.
METODE PENDIDIKAN
1. Bersifat terarah dan terbimbing terpadu.
2. Mencerminkan proses belajar dimulai dari sistem perkuliahan sampai evaluasi akhir semester.
3. Berpikir analitis, bebas, terbuka dan bertanggungjawab.
4. Bersifat operasional sehingga memungkinkan mahasiswa untuk mampu menerapkan ilmu yang diperoleh dalam memecahkan masalah yang konkrit.
5. Menggunakan sistem studi aktif yang berbentuk : kuliah, responsi, diskusi, seminar, survei, atau riset, praktek kerja, dan kuliah kerja.
6. Fleksibel dalam pengertian:
- Memungkinkan mahasiswa untuk menyelesaiakan studinya dari waktu normal yang ditentukan.
- Memungkinkan mahasiswa untuk dapat memilih (disamping yang diwajibkan) matakuliah yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya.
- Memungkinkan mahasiswa mempunyai wawasan berpikir yang luas, dapat mengetahui dan mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Jenis Mata Kuliah
- MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum), terutama ditujukan untuk membentuk kepribadian, baik dari segi perorangan, sosial, budaya maupun peradaban.
- MKDK (Mata Kuliah Dasar Keahlian), terutama ditujukan untuk memberikan landasan pembentukan keahlian, baik untuk kepentingan profesi maupun untuk pengembangan ilmu, teknologi, dan atau kesenian.
- MKK (Mata Kuliah Keahlian), terutama ditujukan untuk membentuk penguasaan pengetahuan dan metodologi bidang ilmu, teknologi dan atau kesenian tertentu serta penerapannya untuk memahami dan memecahkan masalah dalam bidang masing-masing.
- MKPP (Mata Kuliah Pilihan Penunjang), terutama ditujukan untuk memberikan keleluasaan wawasan serta pengembangan ilmu dan profesi.
- MKPB (Mata Kuliah Pilihan Bebas), terutama ditujukan untuk memperluas wawasan minat  yang berkaitan dengan bidang ilmu maupun profesi.
BEBAN STUDI DAN LAMA PENDIDIKAN
Beban studi kumulatif yang harus ditempuh adalah 144 sd 160 SKS yang dijadwalkan dalam 8 (delapan) semester dengan batas waktu paling lama 14 (empat belas) semester atau 7 (tujuh) tahun.
KARAKTERISTIK LULUSAN
Dalam karakteristik lulusan yang diharapkan, terdapat beberapa kompetensi yang ingin dicapai, yaitu:
I. Kompetensi Utama
Strong Basic Statistics, meliputi;
a. Kompetensi Data Collecting,
b. Kompetensi Eksplorasi Data,
c. Kompetensi Metode Analisis Data,
d. Kompetensi Teoritis.
II. Kompetensi Penunjang
1. Excellent Soft Skill meliputi;
a. Kompetensi komunikasi;
- Penguasaan bahasa indonesia,
- Penguasaan bahasa inggris,
- Penguasaan artikulatif,
b. Kompetensi Adaptasi (team work, under pressure, inisiatif), c. Kompetensi Enterpreneurship,
d. Kompetensi Integritas/Kejujuran,
e. Kompetensi Managerial,
2. Computation Skill meliputi;
a. Kompetensi Data Processing menggunakan software statistik,
b. Kompetensi programming,
c. Kompetensi simulasi,
III. High Competitive Advantage (Jati Diri Jurusan)
Kompetensi utama dan kompetensi penunjang sudah terwadahi pada matakuliah-matakuliah yang ada pada rencana kurikulum baru tahun 2009 tersebut diatas. Sedangkan untuk mencapai karakteristik lulusan yang ketiga yaitu High Competitive Advantage diperlukan matakuliah minor yang diperoleh melalui perkuliahan lintas fakultas dilingkungan Universitas padjadjaran. Dengan menempuh perkulihan minor difakultas yang diinginkan sesuai dengan bidang minat mahasiswa, diharapkan selain mendapat ilmu sesuai bidang keahlian yaitu statistika, juga mendapatkan pengetahuan dibidang ilmu lain yang berkaitan dengan statistika, sehingga wawasan mahasiswa pun akan lebih terbuka. Hal ini juga sesuai dengan sistem pembelajaran SCL yang merupakan singkatan dari Student Centered Learning yang diimplementasikan di Universitas Padjadjaran.
Oleh karena itu dengan adanya matakuliah minor tersebut telah dilakukan sosialisasi kepada fakultas-fakultas yang ada di Universitas Padjadjaran sejumlah 16 Fakultas yaitu:
- Ekonomi,
- Hukum,
- Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi,
- MIPA (Matematika, Biologi, Kimia, Fisika),
- Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Teknologi Industri Pertanian,
- Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,
- Sastra,
- Psikologi,
- Ilmu Komunikasi,
- Teknik Geologi. 
Dari sosialisasi ini diharapkan output berupa matakuliah minor yang dapat diambil oleh mahasiswa di fakultas yang bersangkutan. Penentuan matakuliah minor diserahkan sepenuhnya kepada fakultas yang bersangkutan sesuai dengan kepakarannya.
Terdapat 3 hal yang harus diketahui oleh mahasiswa pada saat mengikuti kuliah minor, yaitu philosophy, challenges, dan Risk.