Kurikulum S2 Statistika Terapan

Kurikulum
Jumlah SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa Program Pascasarjana Magister Statistika Terapan adalah 40 SKS, yang ditempuh selama 3 (tiga) semester. Perkuliahan dilaksanakan pada hari Senin sampai dengan Jumat. Adapun kurikulumnya adalah sebagai berikut:
I) Mata Kuliah Wajib = 15 SKS, terdiri atas: Teori Statistika = 3 SKS, Analisis Data Multivariat = 3 SKS, Analisis Regresi = 3 SKS, Proses Stokastik = 3 SKS dan Komputasi Statistik = 3 SKS.
II) Mata Kuliah Konsentrasi = 18 SKS.
III) Seminar Usulan Tesis = 1 SKS.
IV) Tesis = 6 SKS.
Konsentrasi
1. Statistika Sosial
Penelitian di bidang sosial saat ini berkembang dengan pesat. Pemodelan fenomena sosial dirasakan sangat kompleks sehingga dibutuhkan suatu alat analisis yang tidak lagi standard untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Perkembangan analisis SEM misalnya, dibuat agar peneliti di bidang ini dapat memperoleh solusi yang mudah dan tepat. Konsentrasi Statistika Sosial menawarkan kajian-kajian statistika modern dan relevan dengan bobot masing-masing 3 (tiga) SKS yaitu:
- Sampling Survey
- Structural Equation Modelling
- Statistika Nonparametrik
- Analisis Data Deret Waktu
- Analisis Data Kategori
- Data Mining & Competitive Intelligence
2. Statistika BIsnis dan Industri
Era globalisasi perdagangan yang tidak mengenal batas geografis telah mengantar Indonesia masuk dalam dunia kompetisi bisnis dan industri baik ditingkat daerah, nasional maupun internasional. Keadaan ini menuntut para pelaku bisnis dan industri memiliki skill yang lebih memadai untuk menganalisis data dan informasi sebagai sumber daya strategis untuk survive dan berkembang. Materi yang akan diperdalam  adalah  sebagai berikut:
- Statistical Quality Control
- Structural Equation Modeling
- Financial Mathematics
- Analisis Data Deret Waktu
- Desain Eksperimen
- Data Mining & Competitive Intelligence
3. Statistika Aktuaria
Industri asuransi dan investasi di Indonesia juga mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini terkait dengan semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan jaminan keamanan dan kenyamanan dalam kehidupan. Berbicara tentang asuransi akan sangat terkait dengan bagaimana pengelolaan risiko agar bisa diukur dan diprediksi. Konsentrasi Statistika Aktuaria menawarkan kajian-kajian statistika dalam bidang asuransi, investasi, dan pengendalian risiko. Mata kuliahnya adalah sebagai berikut dengan bobot masing-masing 3 (tiga) SKS.
- Teori Risiko
- Matematika Aktuaria 1
- Matematika Aktuaria 2
- Financial Mathematics
- Survival Analysis
- Pension Plan
4. Statistika Biomedis
Kemajuan teknologi dalam bidang kesehatan dan biologi saat ini memungkinkan para ahli mendapatkan data dalam level molekular yang kemudian dimanfaatkan dalam pengobatan dan forensik. Selain itu, riset dan pengembangan obat-obat baru dibutuhkan untuk menangani penyakit-pennyakit baru yang bermunculan. Keadaan ini menuntut statistikawan mampu menganalisis data dalam bentuk sekuens DNA dan rancangan eksperimen yang efisien dan efektif. Kajian yang akan dipelajari adalah sebagai berikut dengan bobot masing-masing 3 (tiga) SKS.
- Epidemologi
- Survival Analysis
- Desain Eksperimen
- Clinical Trials
- Statistika Bioinformatik
- Analisis Data Kualitatif