Sejarah

Universitas Padjadjaran sebagai salah satu unsur pelaksana pendidikan tinggi pada Kemenristekdikti perlu berperan aktif untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia, khususnya pengembangan pendidikan S-1 Ilmu Aktuaria. Sesuai dengan statuta Universitas Padjadjaran sebagai PTN Berbadan Hukum melalui Peraturan Pemerintah Nomor 51/2015, maka Unpad memiliki otonomi dalam bidang akademik maupun non akademik, khususnya untuk pembukaan program studi baru. Secara faktual Prodi S-1 Ilmu Aktuaria ini sebagai kelanjutan program kepeminatan Aktuaria di prodi S-1 Statistika yang telah diselenggarakan sejak tahun 1963. Pada 15 Februari 2018, Departemen  Statistika FMIPA Universitas  Padjadjaran dengan dukungan dari Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta dukungan Alumni memformalkan kepeminatan Aktuaria menjadi Program Studi S-1 Ilmu Aktuaria di Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran.

Visi

Menjadikan Program Studi S1 Ilmu Aktuaria yang mampu bersaing ditingkat regional ASEAN pada tahun 2027 dengan komitmen terhadap kemajuan dan aplikasi dari metode-metode inovatif dalam aktuaria sehingga mendukung perkembangan sains, teknologi dan industri, lembaga keuangan, serta layanan profesionalisme.

Misi

  1. Menyelenggarakan pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang mampu menguasai bidang aktuaria yang memenuhi tuntutan masyarakat pengguna (stakeholders) dengan memperkuat dan mensitasikan ide-ide pengembangan  program pendidikan dan riset dalam lingkup strategik di manajemen risiko, pengambilan keputusan, analisis bisnis, dan aktuaria sains.
  2. Menyelenggarakan pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang mampu menguasai bidang aktuaria yang memenuhi tuntutan masyarakat pengguna (stakeholders) dengan memperkuat dan mensitasikan ide-ide pengembangan  program pendidikan dan riset dalam lingkup strategik di manajemen risiko, pengambilan keputusan, analisis bisnis, dan aktuaria sains.
  3. Menyelenggarakan riset dan inovasi dalam dalam bidang bisnis asuransi, konsultan, serta pengambil keputusan secara Aktuaria untuk mendukung penerapan keilmuan dan kepakaran Aktuariayang diakui di tingkat Nasional dan ASEAN.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dengan riset dan inovasi bidang aktuaria untuk menyelesaikan permasalahan dimasyarakat.

Kompetensi

  1. Scientific Experties : memiliki fondasi aktuaria yang kuat.      
  2. Experimental Training : terampil mengaplikasikan keilmuan aktuaria didukung kemampuan komputasi yang baik.
  3. Technical know-how : menguasai metode-metode umum dan khusus yang mengukung penyelesaian masalah aktuaria    
  4. Design Abilities : Memiliki kemampuan mendesain rumusan besaran-besaran aktuaria sesuai produk asuransi yang diinginkan        
  5. Problem Solving : mampu merumuskan riil problem menjadi aktuaria problem dan mencarikan solusi aktuaria yang tepat.          
  6. Contemporary Issues : Mampu menangkap isu-isu aktuaria terbaru dengan baik 
  7. Life-long learning : menguasai konsep dan dasar aktuaria dengan baik sehingga mampu mengembangkan aktuaria baik secara pendidikan formal maupun informal 
  8. Teamwork : mampu bekerja secara tim dengan baik                     
  9. Professional Ethic : menguasai secara etis peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh regulator dan himpunan profesi.         
  10. Communication Skills : mampu untuk berkomunikasi secara efektif baik  formal maupun informal dalam bentuk lisan maupun tulisan.
  11. Societal Impact : mampu berkontribusi secara aktif terhadap kemajuan ilmu aktuaria.

Masa Studi :  3,5 Tahun / 7 Semester

Total SKS minimum :  144 SKS

Gelar Akademik :  S.Aktr (Sarjana Aktuaria)        

Sertifikat tambahan

  1. Ujian profesi Aktuaris yang diselenggarakan PAI (sesuai aturan yang berlaku dalam MoU FMIPA UNPAD dan PAI tahun 2018).
  2. Magang Tematik di Perusahaan Asuransi Jiwa/ Perusahaan Asuransi Umum/ Dana pensiun/ BPJS Kesehatan/ BPJS Ketenagakerjaan/ Bank.