Dukung Asian Games 2018, Unpad Inisiasi Parade dan Ekshibisi Olahraga Tradisional se-Asia

Dukung Asian Games 2018, Unpad Inisiasi Parade dan Ekshibisi Olahraga Tradisional se-Asia

[unpad.ac.id, 4/7/2018] Universitas Padjadjaran siap mendukung suksesnya pesta olahraga akbar se-Asia atau Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Indonesia, Agustus-September mendatang.

Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah menginisiasi kegiatan Pra-event Asian Games 2018 berupa Parade Budaya dan Ekshibisi Olahraga Tradisional yang diintegrasikan dengan gelaran Olimpiade Olahraga Tradisional (Ootrad). Kegiatan ini akan digelar di Kampus Unpad Dipati Ukur dan area Car Free Day Jln. Ir. H. Djuanda, Bandung, Minggu (8/7) pagi.

Parade dan ekshibisi ini menampilkan beragam budaya dan olahraga tradisional dari 46 negara peserta Asian Games 2018 oleh para sivitas akademika, mahasiswa asing, dan tenaga kependidikan di lingkungan Unpad serta perwakilan masyarakat umum.

Gelaran parade dan ekshibisi akan dibuka secara langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nachrawi di lapangan parkir selatan kampus Unpad. Dalam pembukaan tersebut, Menpora juga akan mempromosikan gelaran Asian Games 2018 kepada peserta dan masyarakat Kota Bandung.

Parade menempuh rute dari lapangan parkir selatan kampus Unpad Dipati Ukur menuju kawasan Car Free Day Dago dan singgah di area Taman Cikapayang. Di Taman Cikapayang, akan ditampilkan ekshibisi budaya dan olahraga tradisional dari setiap kontingen parade negara peserta Asian Games. Selanjutnya, parade akan kembali ke kampus Unpad melalui jalan Dipati Ukur.

Usai kegiatan parade dan ekshibisi, akan digelar Ootrad sebagai bagian dari perayaan Dies Natalis ke-61 Unpad. Mengambil tema “Daya Tradisi Asia dari Tanah Legenda”, Ootrad akan menampilkan berbagai jenis olahraga tradisional dari Jawa Barat. Pada tahun ini, ada 5 cabang lomba yang ditandingkan, yaitu balap egrang dan catur lomba yang meliputi: ngagandong boboko, balap karung, nyuhun jukut, dan manggul suluh.

Selain menggelar kegiatan pra-event Asian Games 2018, dukungan Unpad juga terlihat dari digunakannya Stadion Jati Padjadjaran di kampus Jatinangor sebagai tempat latihan tim peserta Asian Games. Stadion Jati ini melengkapi penggunaan Gelora Bandung Lautan Api dan Stadion Jalak Harupat di Kota dan Kabupaten Bandung sebagai salah satu lokasi penyelenggaraan Asian Games 2018.

Dipost Oleh Mas Agus Setyawan

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait