Pengaruh Peran Dosen Pembimbing Terhadap Kualitas Tugas Akhir.

(Studi Kasus : Mahasiswa Fmipa Unsyiah)

  • Nany Salwa Jurusan Matematika FMIPA Unsyiah
  • Fitriana A.R. Jurusan Matematika FMIPA Unsyiah
  • Junita Aiza Jurusan Matematika FMIPA Unsyiah

Abstract

Setiap pembimbing memiliki tanggung jawab terhadap tugas akhir mahasiswa yang dibimbingnya. Mahasiswa  yang  dibimbing  dengan  baik  diduga  akan  menghasilkan  tugas  akhir  yang  baik  pula, karena semua kendala dan kesulitan yang dialami oleh mahasiswa selama penyusunan tugas akhir dapat  terjawab  melalui  konsultasi  dengan  pembimbing.  Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah menentukan  pengaruh  karakteristik  dosen  pembimbing  terhadap  kualitas  tugas  akhir  mahasiswa FMIPA  Unsyiah.  Penelitian  ini  dilakukan  di  FMIPA  Unsyiah  dengan  responden   mahasiswa angkatan 2004-2008. Data diperoleh melalui pengisian kuisioner oleh mahasiswa FMIPA Unsyiah angkatan 2004-2008. Metode yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah
metode  CART  (Classification  and  Regression  Trees).  Metode  CART  menghasilkan  pohon klasifikasi (classification trees). Berdasarkan analisis pohon klasifikasi yang terbentuk dari metode CART, diduga bahwa variabel penjelas dari karakteristik dosen pembimbing yang mempengaruhi kualitas  tugas  akhir  mahasiswa  FMIPA  Unsyiah   adalah  peran  pembimbing  dalam  mengoreksi kesalahan penulisan dan format laporan, motivasi pembimbing dalam menyelesaikan penyusunan tugas  akhir  dengan  cepat,  penentuan  tema,  peran  pembimbing  dalam  persiapan  seminar  dan sidang,  serta  kesepakatan  pembimbing.  Variabel  penjelas  yang  paling  dominan  dan  paling berpengaruh adalah peran pembimbing dalam mengoreksi kesalahan penulisan dan format laporan.

Published
Sep 27, 2016
How to Cite
SALWA, Nany; A.R., Fitriana; AIZA, Junita. Pengaruh Peran Dosen Pembimbing Terhadap Kualitas Tugas Akhir.. Biastatistika, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 8-16, sep. 2016. ISSN 1907-6274. Available at: <http://statistics.unpad.ac.id/biastatistika/index.php/Biastatistika/article/view/8>. Date accessed: 22 nov. 2017.