Analisis Kinerja Dosen Prodi Pendidikan Matematika Berdasarkan Evaluasi Mahasiswa sebagai Stakeholder Pembelajaran dalam Rangka Rekontruksi Pelayanan STKIP PGRI Tulungagung

  • Maylita Hasyim Prodi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Tulungagung

Abstract

Perguruan tinggi sebagai salah satu institusi utama dalam bidang pendidikan dituntut untuk dapat memberikan  peranannya  baik  dari  segi  kualitas  maupun  kuantitas.  Kualitas  perguruan  tinggi sangat dipengaruhi oleh input termasuk input sumber daya manusia (SDM) yang terdiri dari dosen dan  mahasiswa.  Dosen  sebagai  SDM  dalam  perguruan  tinggi,  peran  dan  posisinya  menentukan dalam pembinaan dan pengelolaan perguruan tinggi, maka aktivitas keberadaannya menjadi tolok ukur kinerja perguruan tinggi khususnya di Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Mengingat peranan dosen  dalam  sebuah  perguruan  tinggi  amatlah  penting  dan  vital,  maka  perlu  dilakukan  evaluasi secara  berkelanjutan  terhadap  kinerja  dosen.  Hal  ini  didukung  oleh  kenyataan  dimana  banyak keluhan  dari  mahasiswa terkait  kinerja  dosen  dalam  hal  pengajaran  seperti  yang  terjadi  pada kampus STKIP PGRI Tulungagung sebagai perguruan tinggi swasta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  gambaran  dan  faktor-faktor  dominan  yang  mempengaruhi  kinerja  dosen.  Metode statistik  yang  digunakan  adalah  statistika  deskriptif  dan  metode  Regresi  Logistik  Ordinal. Kesuksesan  pemodelan  Regresi  Logistik  Ordinal  didemonstrasikan  melalui  penyelesaian  kasus analisis kinerja dosen yang diunggulkan sebagai pilot project kontribusi lokal yang dapat diberikan untuk konsumsi pengambilan keputusan bagi Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Tulungagung.  Berdasarkan  hasil  analisis  diperoleh  kesimpulan  bahwa  Kompetensi  Pedagogik merupakan  faktor  yang  paling  berpengaruh  (berkontribusi)  terhadap  tingkat  Kinerja  Dosen. Sedangkan  Kompetensi  Sosial  memiliki  nilai  rata-rata  terendah,  sehingga  perlu  adanya  prioritas perbaikan untuk kompetensi tersebut.

Published
Sep 27, 2016
How to Cite
HASYIM, Maylita. Analisis Kinerja Dosen Prodi Pendidikan Matematika Berdasarkan Evaluasi Mahasiswa sebagai Stakeholder Pembelajaran dalam Rangka Rekontruksi Pelayanan STKIP PGRI Tulungagung. Biastatistika, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 31-37, sep. 2016. ISSN 1907-6274. Available at: <http://statistics.unpad.ac.id/biastatistika/index.php/Biastatistika/article/view/16>. Date accessed: 17 nov. 2017.